Posts Tagged ‘bunda’

stiap keluarga punya cara sendiri2 bet ngerayaon lebaran, jadi inget wakti kecil dulu, seneeeeng banget klo mau lebaran. soalnya lebaran berarti puasanya selesai… boleh makan bebas lagi, boleh minum lagi, gag keausan, gag kelaperan gag dehidrasi, gag lemes. Bunda bilang, mestinya kita sedih, klo dah mau lebaran, soalnya, brarti ramadhan selesai, gag ada diskon pahala besar2an lagi… dan blum tentu tahun depan kita ktemu sama bulan berkah, rahmat dan ampunan ini lagi…. aaaah… pikiran polos ku belum sampai untuk mencerna kata2 indah nya itu…

seminggu sebelum lebaran  biasanya dah rame nyiapin baju baru, dah pamer ke temen2, berapa pasang baju barunya… temen2 q slalu punya baju lebaran yang lebih banyak  dan lebih bagus dari yang ku punya… bunda selalu bilang, “arti lebaran bukan pada baju baru yang banyak, n bagus2.. lebaran itu hari kemenangan kita atas hawa nafsu kita, dan menurut rasulullah, itulah jihad terbesar kita. jadi.. kamu harus bangga hanya jika kamu bisa menggenapkan satu bulan puasanya…”  aaah…. lagi2 otak polos ku tak mampu mencerna kata2mu bunda….

sehari sebelum lebaran, saat teman2 ku sibuk bercerita tentang berapa banyak ketupat yang di buat ibu mereka, berapa banyak daging rendang yang terhidang, dan berapa toples kue yang siap di nikmati…. di rumah bunda hanya masak ala kadarnya… beberapa ketupat lebaran, ayam opor, dan sayur nangka… kuenya cuma kacang goreng *knapa ini jadi camilan khas lebaran yaaa….* dan kue biji ketapan yang gag jelas bentuknya, soalnya yang nyetak  aq, die die, dan om puguh… hehehe…. *miss that moment so* kembali bunda berkata… “arti lebaran bukan pada banyak nya kue, dan makanan yang tersaji… tapi pada bagaimana kepedulian kita pada orang lain yang membutuhkan… makanya kita di wajibkan membayar zakat fitrah, biar orang lain yang gag seberuntung kita bisa ngerasain juga nimatnya lebaran.. bisa beli baju baru, bisa bikin ketupat dan  kue-kue lebaran kaya kita….” aaaah bunda…. lagi2 kata2 itu masih blum bisa aq cerna….

saat malam takbiran, teman2 berpesta dengan menyalakan kembang api, atau petasan di jalan2… ada juga yang ikut takbir keliling kota…. akuuu… hanya dirumah, membantu bunda menyiapkan baju untuk sholat besok, mengirimkan masakan ke tetangga2 di sekitar rumah, dan memberikan zkakat fitrah langsung ke tetannga yang membutuhkan…. karna biasanya kake dines di malam takbiran, jangan harap ada yang bisa keluar rumah bwt ikutan takbir keliling… “wanita itu, baiknya dirumah aja, gag usah ikut2an acara2 kaya gtu… gag bagus di liat orang….” hummm…. lagi2 bunda aku tak mampu mencerna kata2mu….

dan kini ku dapat mengerti…

saat kau meninggalkan kami seminggu sebelum ramadhan mulai…..

saat ku bisa membaca hadist yang kau katakan, bahwa Jihad terbesar seorang muslim adalah jihad melawan hawa nafsu …

saat ku mensyukuri nikmat yang ku terima, saat banyak sekali  orang2 di sekitarku yang tak di beri nikmat seperti ku….

saat ku temukan hadist… “tempat sholat yang terbaik untuk seorang wanita adalah di rumah”

bunda…… akuu akhirnya aku bisa mencerna semua kata2 mu….

Advertisements

Bunda…

Posted: July 26, 09 in Uncategorized
Tags: , ,

Waktu kecil dulu,, klo gw sedih, atau hari itu gag berjalan sesuai dng keinginan gw,, bunda slalu blng… “tdr aj, Lupain semua yg terjadi hari ini, saat pagi dtg, semua yg terjadi hari ini cuma sejarah yg akan kmu kenang, atau kamu lupakan…”

Waktu ku menjelang remaja, saat rasa itu pertama kali dtg padaku… Bunda berpesan… “jika kau mencintai Mahluk’a, bersiaplah terluka, maka dr itu, berikanlah sedikit hatimu untuk’a, maka ketika dia menghancurkan’a, kmu msh bisa berdiri dng sisa yg ada”

saat ku patah hati untuk pertama kalinya… Bunda berkata… “kita hanya aktor yg menjalani scenario Nya… Saat scenario yg lama selesai, percayalah, scenario selanjutnya menunggumu di dpn…”

dan hari ini… Bunda… Aq jatuh… Semua serasa tak berarti tanpanya… Bunda, saat malam menjelang aku tak bisa melupakan’a, saat pagi datang, aku masih mengharapkan’a… Bunda ku terluka… Tpi luka ini menyayat terlalu dalam, hingga aku tak sanggup untuk berdiri…

Bunda,, mengapa begitu sulit mengikhlaskan nya menjadi masa lalu?! Mengapa sulit menerima scenario itu sudah berlalu…

Kau slalu mengajarkan ku tuk ikhlas menerima semua ketentuanNya… Dia Sang Pemilik Sejatiku,, pada Nya lah seharus’a ku sandarkan semua cintaku… Tapi kali ini, knapa semua’a begitu sulit bunda…

Kau juga pernah berkata… “tak ada yg kebetulan di dunia, semua’a sudah di gariskan oleh Nya…”

nimo pernah menjadi seorang yang paling berarti bwt gw… hampir 7 tahun waktu gw gw habisin bwt dia.. menggoreskan kenangan indah, juga paling perih yang gag akan pernah mau gw ulang lagi…

berjalan bersamanya, kaya masuk ruangan gelap tanpa cahaya, bersiaplah untuk jatuh dan terluka… dan itu dah gw lalui berkali2… saat jatuh, kadang gw berpikir mau kluar aja dari ruangan itu.. mau lari dan gag pernah masuk lagi… tapi sayang, cinta itu gag pake logika, yang slalu bikin gw bangkit lagi, bwt kembali berjalan disisinya…

the rule is… terus disisi gw, perhatiin gw, slalu ada bwt gw.. tapi siap2 aja bwt terluka karna gw..

big baby.. yang moody banget..kadang siap2 aja tba2 dia ngilang, gag ngangkat telp, gag bales sms… dan tiba2 aja someday dia balik lagi jadi sweet biby lagi… dan begitu, terus menerus… pertanyaannya adalah, gmana gw bisa sekuat itu??

gag… gw gag kuat, gw hanya berusaha untuk kuat, kelakuannya yang kaya gtu, tanpa sadar bikin gw trauma… luka yang terus2an dia buat, bikin gw terus berusaha kuat, masalahnya, pikiran bawah sadar gw menyimpan luka itu terus di memorinya, dan mungkin gag bisa hilang lagi, dan suatu saat, klo hal itu terulang lagi, rasa sakitnya akan berkali2 lebih sakit dari yang dulu, dan bisa bikin semua usaha yang gw buat jadi sia2…

da semua terbukti, saat dia kembali melakukan sesuatu yang sama kaya yang dulu nimo lakuin ke gw… gw gag bisa berusaha bwt kuat lagi, semuanya malah bikin gw tambah rapuh… *__*

bunda aku rindu…

Posted: January 30, 09 in Uncategorized
Tags: , ,

bunda.. knapa begitu lama tak kau sambangi aku dalam mimpiku.. aku rindu padamu, bunda. bunda banyak yang ingin ku ceritakan padamu tentang gundahku, tentang rasa2 ku, dan tentang dia penyebab gundah itu…

bunda… ku ingin bercerita… aku jatuh cinta, mungkin tak sehebat yang pertama, tapi kucinta dia bunda…
bunda.. baru kali ini kurasa takut kehilangan, padahal di hati tlah ku bangun istana ke ikhlasan…
bunda.. baru kali ini kurasa sulit berbagi kebahagiaan, padahal slalu kau tanamkan rasa penerimaan…

dulu kau berkata bunda.. jangan pernah pernah memberikan seluruh hati pada yang lain selain Dia…
dulu kau pernah berkata.. jika kau mencintai MahlukNya, bersiaplah terluka…

bunda.. datanglah padaku malam ini… sambangi aku dalam tidur malamku bunda… karna ku rindu padamu..

ku ingin bercerita tentangnya, sambil merebahkan kepala di pangkuanmu, seperti dulu, saat pertama kali rasa itu datang padaku…

bunda quw ^_^

Posted: February 22, 08 in sTraWbeRry quw... ^_^
Tags: , ,

bunda adalah orang terpenting daalamh hidup quw, sembilan belas tahun waktu quw,ku habiskan dalam buaian nya,,  bundaku adalaah seorang tipe wanita jawa se kali, dibesarkan dalam cultur budaya aristokrat jawa, beliau menjadi seorang wanita yang tangguh dan keras,,

tanpa terasa empat tahun sudah beliau meningalkan kami, namun sepertinya beliau selalu ada di sisi kami, smua tentang beliau menjadi pelajaran untukku, smua kata2 beliau masih terngiang di telingaku, karna setelah perceraian orantuaku, otomatis beliau adalah pengganti sosok mama bagiku,

aku adalah salah satu oran yang sangat kehilangan beliau,, bukan saja karna beliau meninggal tepat pada ulang tahun ku yang ke 19 (dan di rumah sakit yang sama), untukku beliau adalah satu2 nya orang yang sangat memperhatikanku,

setelah beliau meninggal aku seperti kehilangan separuh jiwaku, sebulan pertama tanpa beliau sangat berat bagiku, ga ada lai orang yang bangunin sahur, yang marah kalo telat tarawih, yang bikinin masakan bwt buka puasa (karna kebetulan bertepatan dengan bulan puasa). setelah itu, hidupku otomatis berubah, ga ada lagi hari minggu yang di  tunggu2 sekeluara, ga adalagi rawon n soto ayam faforitku, ga ada lagi orang yang marah2 saat IP qu ga memuaskan, ga ada lagi orang yang membangunkan ku sholat subuh n marah2 kalo terlambat bangun pagi,,

aquw rindu bunda,,, bunda dan semua peraturannya dirumah,,, bunda dan semua petuahnya tentang bagaimana menjadi wanita dan istri yang baik, bunda dan semua omelannya, bunda dan nasi gorengnya yang selalu menyapaku di pagi hari,,,

Yaa Rabb,, lindungilah bunda seperti dia melindungiku, cintai dia seperti dia mencintaiku, jaga dia seperti dia menjagaku,,,